Apakah Prospek Bisnis Beternak Jangkrik masih menguntungkan?

Apakah Prospek Bisnis Beternak Jangkrik masih menguntungkan?

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan satwa yang luar biasa, mulai dari yang terancam punah, sampai yang jumlahnya melimpah seperti jangkrik. Di negeri ini, tercatat lebih dari 130 spesies jangkrik hidup dan tersebar di seluruh pelosok tanah air. Jenis dan ukurannya pun bermacam – macam. Namun jangkrik yang sering diburu dan dijadikan pakan hewan adalah jangkrik jawa yang memiliki tubuh besar. Jangkrik ini lah yang umum kita kenal saat ini.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, persediaan jangkrik di alam memang sangat melimpah. Namun keberadaan serangga yang satu ini sulit ditemukan karena jangkrik merupakan hewan nokturnal yang beraktivitas di malam hari sekaligus ukurannya yang kecil menyulitkan manusia untuk mencarinya jika dalam keadaan gelap. Selain itu jangkrik juga tidak muncul setiap hari. Mereka hanya keluar pada saat – saat tertentu saja.

Apakah Prospek Bisnis Beternak Jangkrik masih menguntungkan?
Apakah Prospek Bisnis Beternak Jangkrik masih menguntungkan?

Di sisi lain, semakin hari kebutuhan jangkrik semakin meningkat, mengingat jangkrik sudah menjadi pilihan banyak pecinta hewan sebagai makanan bagi peliharaan mereka, terutama burung. Mereka percaya bahwa dengan diberi makan jangkrik, burung peliharaan mereka akan lebih sehat dan kicauannya menajdi lebih merdu karena jangkrik memiliki banyak kandungan protein.

Tidak hanya bagi hewan, baru – baru ini jangkrik diketahui juga bermanfaat bagi manusia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cairan pada jangkrik dapat dijadikan bahan kosmetik alami yang menyehatkan. Selain itu di luar negeri khusunya Eropa, tepung jangkrik sudah banyak dimanfaatkan sebagai campuran bahan makanan karena jangkrik banyak mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan sulitnya jangkrik ditemukan di alam liar dan tingginya permintaan jangkrik di pasaran, ada peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan, apalagi kalau bukan beternak jangkrik. Beternak jangkrik ini dilakukan semata-mata untuk memenuhi permintaan jangkrik dan meraup keuntungan dari kegiatan tersebut.

Sebenarnya budidaya jangkrik sudah dilakukan sejak dulu, namun saat itu permintaan jangkrik tidak setinggi saat ini. Oleh karena itu, prospek bisnis ternak jangkrik cukup bagus. Apalagi kalau melihat fenomena pecinta burung yang semakin banyak dan memilih jangkrik sebagai makanan utama burung peliharaan mereka.

Selain itu, beternak dan memelihara jangkrik tidak lah terlalu sulit. Anda hanya perlu bersabar dan telaten serta banyak membaca informasi tentang daur hidup jangkrik. Modalnya pun juga tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan keuntungan yang akan didapatkan nantinya.

Alasan lain yang menjadikan beternak jangkrik sangat menjanjikan adalah anda masih bisa mengerjakan pekerjaan utama anda karena memang merawat jangkrik tidak akan mengorbankan waktu yang sangat lama. Dengan begini pendapatan anda bisa bertambah. Cukup menarik bukan?
Selain memasarkannya di Indonesia, anda juga bisa memanfaatkan peluang di luar negeri. Saat ini, negara – negara Eropa dan negara lain (yang tidak punya hutan seluas Indonesia) sedang banyak membutuhkan pasokan jangkrik demi kebutuhan tepung atau yang lainnya. Indonesia merupakan pemasok utama kebutuhan tersebut. Harga jangkrik jika dipasarkan di luar negeri bisa sangat mahal. Bahkan satu ekor jangkrik bisa dihargai 1200 rupiah di Singapura. 

Harga jangkrik tersebut bisa sangat melambung tinggi karena di negara – negara luar kebanyakan tidak memiliki pasokan jangkrik lokal. Sehingga mereka harus rela membeli jangkrik dengan harga mahal dan berkualitas bagus dari Indonesia.

Itulah prospek bisnis yang menarik dari beternak jangkrik. Semoga dapat memotivasi anda dan semoga berhasil.