Jangkrik Panggang, Camilan Alternatif Kaya Nutrisi

Jangkrik Panggang, Camilan Alternatif Kaya Nutrisi
Jangkrik-Panggang-Camilan-Alternatif-Kaya-Nutrisi
Jangkrik-Panggang-Camilan-Alternatif-Kaya-Nutrisi

Serangga tampaknya mulai dilirik sebagai bahan pangan alternatif yang kaya akan protein, zat besi, kalsium dan lemak. Dan hal ini, tampaknya merupakan peluang menarik buat masyarakat di Gunung Kidul. Dengan dukungan salah satu produsen snack dari negara Inggris, masyarakat di sana mengembangkan atau memproduksi aneka olahan snack atau makanan ringan dari jangkrik. Atau lebih tepatnya jangkrik panggang.

Untuk menarik konsumen, jangkrik panggang ini bahkan dihadirkan dalam beberapa pilihan rasa, seperti rasa jeruk nipis dan cabai. Walau terdengar aneh, ternyata camilan ringan ini cukup populer dan menarik minat banyak konsumen.

Kalau Anda tertarik untuk mencicipi jangkrik panggang, tidak perlu jauh-jauh terbang ke Inggris, Anda juga bisa membuat sendiri jangkrik panggang, camilan alternatif kaya nutrisi yang murah dan sesuai dengan lidah orang Indonesia ini.


Sebelum mulai membuat jangkrik panggang, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai kandungan gizi dari jangkrik ini.

Menurut penelitian dari Universitas HKBP Nommensen Porlak Nommensen, jangkrik memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari udang, daging sapi dan ayam, bahkan mencapai 50,02%.

Selain itu, jangkrik baik untuk pertumbuhan anak karena mengandung protein omega 3, 6 dan 9 serta baik wanita karena mengandung hormon estrogen sebanyak 259, 535 ppm dan hormon progesteron sebanyak 105, 49 ppm.

Jangkrik juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh karena setiap gramnya mampu menghasilkan energi sebanyak 4,87 kalori.

Sebenarnya masih banyak lagi kandungan dari jangkrik yang baik bagi tubuh seperti senyawa asam amino, glutation (GSH) dan kandungan lainnya yang perlu dikaji lebih lanjut agar jangkrik bisa dimanfaatkan secara optimal.

Cara Membuat Jangkrik Panggang

Biasanya orang menggunakan larva serangga maupun ulat sebagai bahan masakan. Tapi, kali ini kita akan membuat camilan dari serangga yakni jangkrik hidup yang biasanya bisa Anda dapatkan di kios penjual makanan burung.

Sebelum mulai memasak, terlebih dahulu kita siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jangkrik panggang.

Bahan yang dibutuhkan :

a.    Jangkrik yang masih hidup terutama pilih jangkrik yang bulunya belum tumbuh. Jangkrik biasanya dijual dalam satuan ons, tapi kali ini cukup membeli seharga Rp. 3000,- saja.

b.    Garam atau penyedap rasa sesuai selera sebagai taburan penambah rasa setelah jangkrik matang.

Setelah bahan-bahan tersebut disiapkan mulailah proses pengolahan membuat jangkrik panggang.

Cara membuat jangkrik panggang :

1.    Sebelum diolah, jangkrik harus dibersihkan terlebih dahulu dengan membuang kaki-kakinya. Anda juga bisa membuang kakinya setelah jangkrik dipanggang.

2.    Jangkrik yang sudah dibersihkan kemudian disusun di atas loyang dan atur agar tidak saling tindih.

3.  Panaskan oven hingga suhu 200 derajat kemudian panggang jangkrik yang telah disiapkan sebelumnya. Panggang selama 60 menit pada suhu rendah sampai jangkrik benar-benar kering atau crispy.

4.    Setelah 45 menit, buka oven untuk memeriksa tingkat kekeringan jangkrik. Jika jangkrik masih terlihat basah, masukkan kembali ke dalam oven dan panggang hingga benar-benar kering atau tampak renyah.

5.    Setelah matang, keluarkan jangkrik dan dinginkan.

6.    Bersihkan jangkrik dari kaki-kaki yang masih menempel (bila ada) kemudian taruhlah ke dalam sebuah wadah.

7.    Taburkan bumbu penyedap rasa atau garam ke dalam wadah dan aduk hingga rata.

8.    Nah, jangkrik panggang sudah jadi dan siap disantap sambil minum teh atau sambil menonton acara tv kesukaan.

Demikian cara membuat jangkrik panggang, camilan alternatif kaya nutrisi yang murah dan mudah dibuat oleh siapa saja. Apakah anda mau mencoba.

Buat pembaca yang ingin membuat usaha olahan jangkrik, atau mau budidaya jangkrik, dan bingung mencari bibit yang berkwalitas, silahkan hubungi kontak kami di bawah ini.

SMS/Telpon : 0856-5664-2692
Whatsapp : 0856-5664-2692
BBM : D1C76418

Telur Jangkrik berkwalitas dari kami harganya hanya Rp 200.000 / kg. Kami melayani pembelian ke seluruh wilayah Indonesia.