Tips Memilih Induk Jangkrik Unggulan


Tips Memilih Induk Jangkrik Unggulan
Tips Memilih Induk Jangkrik Unggulan

Ketika memulai bisnis jangkrik, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperoleh bibit jangkrik unggulan. Selain mencari indukan dari alam, kita juga bisa membeli calon indukan yang siap bertelur atau membeli anakan untuk dijadikan bibit.

Cara memperoleh bibit jangkrik unggulan dengan membeli calon indukan yang siap bertelur bisa dikatakan sebagai cara yang paling cepat menghasilkan telur jangkrik. Tapi, Anda harus teliti saat memilih indukan jangkrik untuk diternakkan. Salah memilih indukan bisa berakibat fatal bagi kelangsungan bisnis jangkrik yang Anda rintis.

Berikut ini ada beberapa tips memilih induk jangkrik unggulan yang bisa Anda gunakan ketika hendak mencari indukan jangkrik untuk bisnis Anda.

Tips Memilih Induk Jangkrik Unggulan

1.    Memilih calon induk jangkrik langsung dari alam.

Jika memungkinkan pilihlah indukan jangkrik yang ditangkap dari alam. Indukan jangkrik jenis ini diyakini lebih tahan penyakit dan lebih agresif karena terbiasa hidup di luar ruangan.

Berbeda dengan calon indukan jangkrik hasil pembiakan atau penangkaran yang terbiasa hidup di dalam ruangan sehingga daya tahan tubuhnya tidak sebaik jangkrik yang diambil langsung dari alam.

Namun, jika induk jangkrik alami sulit didapatkan, Anda bisa membeli indukan jangkrik hasil penangkaran yang banyak dijual di toko-toko penyedia pakan burung.

2.    Memilih calon indukan yang sehat dan berkualitas

Ketika memilih calon indukan jangkrik, pastikan bahwa indukan jangkrik tersebut memiliki fisik yang sehat, tidak memiliki cacat, memiliki anggota badan yang masih lengkap, ukuran badannya besar, bulu dan badannya berwarna hitam mengkilap dan antenanya masih panjang.

Selain itu, perhatikan pula gerakan jangkrik tersebut. Jangkrik yang sehat memiliki gerakan yang gesit dan lompatannya jauh.

3.    Membedakan jangkrik betina dan jangkrik jantan

Untuk memilih indukan jangkrik yang unggulan, Anda juga harus mengetahui perbedaan antara jangkrik betina dan jangkrik jantan.

Jangkrik betina memiliki ovipositor yang berfungsi mengeluarkan telur berukuran besar di bagian ekornya sehingga tampak memiliki 3 helai ekor, tidak berderik serta memiliki permukaan punggung yang lebih halus.

Sedangkan jangkrik jantan hanya memiliki dua helai ekor karena tidak memiliki ovipositor, permukaan punggungnya bergelombang dan tampak lebih kasar serta mengeluarkan suara derik yang keras.

4.    Memperhatikan umur indukan

Umur indukan jangkrik yang ideal untuk dijadikan indukan adalah sekitar 10-20 hari. Jangkrik berusia 10-20 hari dinilai sudah siap untuk bertelur.

5.    Bila mengambil indukan dari penangkaran, pilih yang betina saja

Ketika memutuskan untuk membeli indukan jangkrik dari satu penangkaran, pilih indukan jangkrik betina saja. Jangan mengambil indukan jantan dari tempat penangkaran yang sama dengan indukan betinanya.

Jika Anda memilih indukan betina dan jantan dari satu tempat penangkaran yang sama, dikhawatirkan akan menghasilkan keturunan yang abnormal.

Kombinasi terbaik ketika memilih indukan jangkrik unggulan selain menjodohkan jangkrik yang berasal dari alam dengan jangkrik penangkaran yakni dengan membeli satu jenis indukan jangkrik dari peternak lain.

6.    Menjodohkan beberapa indukan betina untuk satu induk jantan

Untuk satu ekor indukan jangkrik jantan bisa mengawini beberapa ekor  jangkrik betina. Oleh sebab itu, proses penjodohan calon indukan yang ideal adalah dengan menggunakan perbandingan 10:2 untuk indukan jangkrik betina dan jangkrik jantan.

Sebagai contoh, Anda perlu menyediakan 3 hingga 4 calon indukan betina untuk satu ekor indukan jangkrik jantan.

7.    Memilih indukan yang berasal dari spesies yang sama

Jangkrik hanya bisa dikawinkan dengan jangkrik lain dari satu spesies yang sama. Jika spesies jangkrik jantan dan jangkrik betina berbeda, maka tidak akan terjadi perkawinan.

Buat anda yang membutuhkan bibit jangkrik yang berkwalitas, silahkan hubungi kami. Di bawah ini adalah kontak kami

SMS/Telpon : 0856-5664-2692
Whatsapp : 0856-5664-2692
BBM : D1C76418
http://www.jualtelurjangkrik.com

Harga Rp 200.000 / kg. Kami melayani pembelian ke seluruh Indonesia.

Itulah beberapa tips memilih induk jangkrik unggulan yang bisa Anda coba ketika hendak membeli indukan jangkrik. Semoga bermanfaat.