Manfaat dan Cara Pemberian Jangkrik untuk Burung Kenari

Manfaat dan Cara Pemberian Jangkrik untuk Burung Kenari

Jangkrik merupakan salah satu serangga yang populer di kalangan pecinta hewan karena serangga yang satu ini banyak dipilih sebagai makanan favorit bagi hewan perliharaan mereka, baik itu ikan hias, reptil, atau burung kicau. Bahkan sekarang ternak jangkrik sudah semakin marak karena prospek bisnisnya cukup menjanjikan mengingat banyaknya pecinta hewan yang tidak mungkin mau mencari jangkrik sendiri di alam bebas.

Dipilihnya jangkrik sebagai makanan alami bagi hewan peliharaan karena jangkrik memiliki nutrisi dan protein yang baik untuk pertumbuhan binatang. Jadi tak heran jika di alam liar pun banyak hewan yang menjadikan jangkrik sebagai makanannya. Dan dari sekian banyak hewan, khususnya dari bangsa burung, burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang sangat bagus jika mengonsumsi jangkrik.

Manfaat dan Cara Pemberian Jangkrik untuk Burung Kenari
Manfaat dan Cara Pemberian Jangkrik untuk Burung Kenari

Pemberian jangkrik untuk burung kenari

Seperti yang kita ketahui, di alam liar, makanan alami dari burung kenari adalah biji – biji an, buah – buahan, dan juga telur. Burung kenari sangat jarang memakan serangga karena itu memang bukan makanan favoritnya. Burung kenari baru akan memakan serangga hanya jika mereka sangat kelaparan dan terpaksa bila tidak menemukan makanan utama mereka.

Oleh karena itu, pemberian jangkrik untuk pertama kali pada burung kenari peliharaan memang sangat sulit. Bahkan jika cara penyajiannya salah, burung kenari bisa stress atau bahkan mati. Perlu diingat bahwa kenari sangat peka pada aroma makanan mereka terutama yang diletakkan di sangkar. Mereka lebih nyaman mencium aroma biji atau buah sebagai makanannya dari pada jangkrik. Jadi, jangan terlalu terburu – buru dan memaksa kenari Anda untuk makan jangkrik, berilah sedikit – demi sedikit dan secara perlahan.

Dalam pemberiannya pun, jangan sekali – sekali memberi jangkrik hidup atau pun jangkrik mati tapi tubuhnya masih utuh. Burung kenari tidak akan memakan jangkrik tersebut karena ukurannya yang terlalu besar dan bisa mengganggu pencernaan mereka. Sebaiknya olah dulu jangkrik tersebut menjadi tepung jangkrik. Jika Anda tidak mampu mengolahnya sendiri, Anda bisa langsung membeli tepung jangkrik di toko hewan.

Manfaat jangkrik untuk burung kenari

Setelah mengetahui cara penyajian jangkrik untuk kenari, selanjutnya kenali manfaat dan efeknya. Sebenarnya jangkrik lebih bermanfaat dan menyehatkan bagi burung kenari kesayangan Anda dari pada buah atau biji – bijian. Hal ini dikarenakan jangkrik mengandung nutrisi dan protein hewani yang tentu tidak dimiliki pada biji dan buah.

Protein ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kicauan sang burung. Namun sekali lagi, untuk mendapatkan khasiat maksimal dari protein jangkrik ini, sebaiknya gunakan tepung jangkrik karena protein dalam tepung jangkrik lebih mudah diserap dari pada protein dalam jangkrik hidup. Ini dikarenakan protein dalam tepung jangkrik sudah mengalami denaturasi protein, dimana struktur protein sudah berubah sedemikian rupa agar mudah diserap oleh tubuh burung.

Selain protein, zat lain dari jangkrik yang bermanfaat bagi burung kenari adalah hormon steroid. Hormon ini dapat membuat burung kenari selalu prima dan sehat. Sangat cocok untuk mempersiapkan burung kenari sebelum diikutkan dalam perlombaan.

Efek jangkrik untuk kenari pun cukup banyak. Diantaranya membuat tubuh burung kenari lebih sehat, lebih lincah dan tidak lemas. Selain itu burung kenari tidak akan mudah terserang penyakit dan lebih sering berkicau. Kualitas kicauannya pun juga semakin baik dan nyaring.

Demikian cara pemberian, manfaat, dan efek jangkrik untuk burung kenari. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.