Inilah Makanan yang Bagus Untuk Jangkrik

Inilah Makanan yang Bagus Untuk Jangkrik

Budidaya jangkrik merupakan salah satu dari sekian banyak jenis usaha yang cukup menggiurkan. Bagaimana tidak, dengan modal yang terbilang kecil, anda bisa meraup keuntungan yang lumayan banyak, dan pastinya bisa belangsung secara kontinyu, sebab seperti yang anda ketahui permintaan jangkrik akan selalu terus ada. Karena jangkrik merupakan salah satu makanan pokok burung peliharaan atau burung berkicau. Bisa di bilang selama masih ada orang yang memelihara burung maka budidaya jangkrik masih mempunyai prospek yang cerah.

Dengan permintaan yang kontinyu dan potensi keuntungan yang melimpah (dengan catatan, jangkrik yang diternak sehat dan mampu tumbuh serta berkembang dengan baik) ini maka tidak heran jika saat ini banyak masyarakat melirik jenis usaha ini.

Makanan yang Bagus Untuk Jangkrik
Makanan yang bagus untuk ternak jangkrik


Nah seperti judul di atas, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai makanan apa saja yang ideal untuk hewan ini, agar bisa berkembang dengan cepat dan terhindar dari kematian.  

Makanan buat jangkrik

Dalam membuat jangkrik sehat, ada baiknya anda memperhatikan jenis pakan yang diberikan. Terlebih bagi jangkrik yang masih kecil dan baru ditetaskan. Kualitas pakan jangkrik memiliki pengaruh yang cukup besar dalam mempercepat masa panen. Jangkrik sendiri umumnya dapat dipanen setelah memasuki usia dua puluh delapan hari hingga tiga puluh hari. 

Masa panen tersebut bisa dipercepat jika anda mampu merawat jangkrik dengan baik. Tidak tanggung- tanggung, anda bahkan bisa memanen jangkrik hanya dalam waktu singkat yakni 22 hingga 25 hari saja. Lantas jenis makanan apa saja yang dapat digunakan untuk mempercepat masa panen? Berikut ulasannya.

  • Konsentrat ayam

Konsentrat ayam atau voor merupakan salah satu jenis makanan ternak yang baik pula diberikan pada jangkrik. Dalam hal ini ada baiknya anda menggunakan jenis voorphokpan 511 yang dihaluskan terlebih dahulu. Penghalusan Voor berguna dalam mempermudah pencernaan.

Voor sendiri mengandung sejumlah gizi yang baik dikonsumsi oleh hewan ternak. Jika dilihat dari harganya, voor terjangkau oleh kantong karena cukup murah. Bukan hanya murah, namun Voor juga bisa ditemukan di toko pakan dengan mudah. Tidak heran mengingat ada banyak peternak yang membutuhkannya.

Bagi anda yang ingin menggunakan jenis konsentrat yang lainpun, hal ini tidak jadi masalah. Namun jika ingin menggunakan pelet ada baiknya anda mencampurnya dengan voor agar pelet menjadi lebih mudah dicerna. 

  • Sayuran

Makanan yang baik untuk jangkrik selanjutnya adalah sayuran. Sayuran untuk jangkrik bisa dipilih dari jenis sayur hijau berupa buah pepaya yang masih muda lalu diiris tipis- tipis. Sayuran untuk jangkrik juga bisa diambil dari daun ketela, gambas, sawi putih, daun pisang serta daun pepaya yang masih muda.

Pemberian sayuran bagi jangkrik dimaksudkan sebagai jenis makanan pendamping untuk pengganti minum. Dalam menyiapkan sayuran, sebaiknya pilih yang masih segar. 

Penyediaan sayuran sebaiknya dilakukan secara rutin mengingat habitat asli jangkrik yang biasanya hidup di alam bebas. Jangan lupa pula untuk membersihkan kandang dan mengganti sayuran, agar sayur tersebut tidak membusuk di dalamnya.

Beberapa makanan bagi jangkrik di atas merupakan jenis makanan yang tidak hanya menyehatkan melainkan juga mempercepat pertumbuhan jangkrik. Jika jangkrik tumbuh dengan baik, masa panen juga akan lebih cepat didapatkan. 

Hal penting lainnya adalah dengan memberikan pakan bagi jangkrik secara berkelanjutan dan tidak terputus. Jangkrik memiliki sifat kanibalisme yang harus anda waspadai. Ada baiknya pula anda memaksimalkan tempat persembunyian jangkrik di dalam kandang.