Jual Telur Jangkrik Tangerang

Ternak jangkrik merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Permintaan akan pasar jangkrik terbilang cukup besar, sehingga banyak produsen yang menjual telur jangkrik kepada konsumen karena keuntungan yang di dapat usaha budidaya jangkrik ini juga terbilang cukup besar.

 
Jual Telur Jangkrik Tangerang
Jual Telur Jangkrik Tangerang
Beternak jangkrik memiliki beberapa keuntungan, selain murah dan banyak dibutuhkan di masyarakat, keuntungan lain beternak jangkrik adalah memiliki tiga waktu panen yakni panen jangkrik dewasa, panen jangkrik muda, dan panen telur jangkrik.
Jual Telur Jangkrik Tangerang

 
Namun, sebagai peternak kita tidak boleh sembarangan memanen jangkrik. Meski memanen jangkrik terbilang mudah, jika tidak hati - hati dan tanpa perhitungan yang cermat bisa menimbulkan kerugian terutama akibat salah waktu panen maupun kesalahan perlakuan setelah panen.

Berikut ini tips memanen jangkrik agar kualitas panen tetap terjaga :

Tips Memanen Jangkrik

  • Waktu yang tepat untuk memanen jangkrik


Peternak jangkrik bisa memanen jangkrik dalam tiga kurun waktu yakni panen jangkrik dewasa, jangkrik masih muda dan panen telur jangkrik.

Dari ketika periode tersebut, panen periode telur merupakan masa panen yang paling menguntungkan karena selain harganya jauh lebih mahal daripada jangkrik dewasa, waktunya juga relatif singkat, biaya pemeliharaannya pun lebih murah.

Panen jangkrik dewasa juga menguntungkan dari segi harga namun memakan waktu yang lebih lama. Sedangkan jangkrik pradewasa lebih disukai karena ukurannya sesuai dijadikan pakan burung. 

Panen jangkrik dewasa biasanya dilakukan ketika jangkrik berumur 50 sampai 60 hari. Sedangkan panen jangkrik muda atau pradewasa dilakukan pada saat jangkrik berumur 40 hingga 50 hari. Jangkrik yang sudah berumur lebih dari 40 dan bisa dijual biasanya memiliki bentuk sayap yang baru berkembang.

Sedangkan telur jangkrik bisa dipanen setiap dua hari sekali selama masa bertelur hingga jangkrik betina dewasa mati.
  • Cara memanen jangkrik yang benar


Kualitas jangkrik bisa menurun pada saat pemanenan akibat cara panen yang salah. Untuk jangkrik dewasa maupun jangkrik pradewasa, cara pemanenannya hampis sama. Jangkrik dipanen dengan cara ditangkap langsung kemudian dimasukkan kedalam kandang yang telah disediakan dan dikelompokkan sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Jangkrik juga bisa dimasukkan ke dalam karung yang telah diberi kertas bekas tempat telur ayam untuk kemudian dijual. Masukkan jangkrik ke dalam karung sambil dihitung jumlahnya agar lebih menyingkat waktu.

Sementara itu, telur jangkrik dipanen dengan cara mengambil pasir yang banyak terdapat telur jangkrik sedikit demi sedikit untuk disaring. Penyaringan dilakukan sambil disiram air dengan tujuan melarutkan pasir bersama air sehingga menyisakan telur jangkrik yang tersangkut di atas saringan.

Kemudian tumpahkan telur jangkrik yang tersangkut di saringan ke atas kain putih basah. Gunakan kuas kecil untuk mengambil telur yang masih menempel di saringan. Bungkus tiap satu sendok teh telur dengan kain putih basah untuk menjaga kelembapannya dan menyerap air yang tersisa.
  • Penempatan jangkrik yang telah di panen


Tips memanen jangkrik yang terakhir adalah memperhatikan penempatan jangkrik yang telah dipanen. Untuk penempatan hasil panen jangkrik dewasa maupun pradewasa, Anda bisa menggunakan kotak kayu berukuran 60 x 60 cm. Sedangkan hasil panen telur jangkrik bisa diletakkan di media tanah atau pasir yang diletakkan di atas kain basah.

 
Jual Telur Jangkrik Tangerang

Jual Telur Jangkrik Tangerang
Jangkrik dewasa maupun pradewasa bisa dijual sebagai pakan burung, ikan atau reptil. Sedangkan telur jangkrik bisa dijual kembali ke peternak lainnya. Pilih telur yang baik dengan ciri - ciri berwarna kuning mengkilat, tidak berjamur dan tidak berbau busuk.

Untuk Pemesanan Telur Jangkrik Alam Tangerang 

Kualitas Unggul 

SMS / WhatsApp : 0856-5664-2692


DIJAMIN 100% MENETAS

 

Link Video:

Jual Telur Jangkrik Tangerang

Jual Telur Jangkrik Tangerang

Jual Telur Jangkrik Tangerang

Jual Telur Jangkrik Tangerang

Jual Telur Jangkrik Tangerang

Untuk Kenyamanan anda kami juga memberikan alternatif pembelian online pada:

Bukalapak
Tokopedia
Shopee