Peluang Usaha Ternak Jangkrik

Tentunya tdak asing lagi kan mendengar nama tentang jangkrik.
Jangkrik adalah serangga yang berkerabat dekat dengan belalang, memiliki tubuh rata dan antena panjang. Jangkrik adalah omnivora, dikenal dengan suaranya yang hanya dihasilkan oleh cengkerik jantan. Suara ini digunakan untuk menarik betina dan menolak jantan lainnya.

Kenapa jangkrik menjadi peluang usaha yang menjanjikan? karena diperkotaan-perkotaan besar akan permintaan jangkrik semakin banyak terutama untuk para pemelihara burung untuk perlombaan, jangkrik tepungnya bisa dijadikan makanan ikan hias, dll.
Bagi yang hobinya memelihara burung kicauan, konon katanya setelah memakan jangkrik suara dari burung ini semakin merdu atau istilah lain semakin nyaring.
 
Peluang Usaha Ternak Jangkrik
Peluang Usaha Ternak Jangkrik
Sebenarnya beternak jangkrik bisa dikatakan mudah, hanya butuh ketlatenan dan keuletan saja.
Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak, tidak  sampai merogoh hingga berpuluh-puluh juta, karena makanan jangkrik kita peroleh dengan mudah seperti daun talas, pepaya muda, pelepah pisang, ampas tahu, voor ayam, dll.
 
Peluang Usaha Ternak Jangkrik
Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan memulai beternak jangkrik adalah
menentukan lokasi kandang jangkrik yang tepat. Kandang jangkrik yang bagus, harus sesuai dengan habitat/hidup jangkrik asalnya.
 
Peluang Usaha Ternak Jangkrik
Syarat Lingkungan Hidup Jangkrik Dan Pemilihan Lokasi Yang Tepat
  1. Lokasi pemeliharaan sebaiknya harus tenang, sunyi dan teduh serta mendapat sirkulasi udara yang baik untuk penyesuaian suhu ruangan.
  2. Carilah Lokasi jauh dari keramaian atau sumber kebisingan seperti pasar, jalan raya, dan lain-lain.
  3. Lokasi sebaiknya juga jauh dari kegiatan manusia seperti lalu lalang orang lewat dan yang tidak berhubungan dengan kegiatan budidaya.
  4. Ruangan tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung.
  5. Sebaiknya jauh dari pepohonan agar dapat menyerap panas matahari secara bebas.
  6. Jauh dari kandang ayam atau hewan lain yang mengganggu.
  7. Usahakan menghindari lokasi yang banyak predator seperti semut, cicak, tokek, dan tikus namun hal ini masih dapat diminimalisir.
Peluang Usaha Ternak Jangkrik

Selanjutnya mengenai pembuatan kandang jangkrik,
Kandang jangkrik yang baik berada didalam ruangan yang tertutup bebas dari hembusan angin luar. Namun jika tidak ada lokasi yang sesuai anda juga dapat membuat Kandang Jangkrik Sederhana yang penting suhu ruangan cocok untuk memelihara jangkrik. Jadi masalah Ukuran Kandang Jangkrik tidak menjadi masalah disini.
 
Spesifikasi Kandang Jangkrik Ideal/Gubuk :
  • Lantai dasar cukup tanah biasa tidak harus dilapisi semen cor asalkan kering dan tidak terlalu lembab.
  • Lantai diusahakan tinggi untuk menjaga kelembaban terutama disaat musim hujan.
  • Tembok semi batako, yaitu 1,5 meter batako dan pada bagian atasnya asbes dan angin2.
  • Atau tembok berupa asbes bagian atas bethek bambu untuk angin2.
  • Tembok juga dapat berupa bethek bambu dan pada bagian luar diberi plastik terpal sebagai penutup untuk menjaga suhu lingkungan.
  • Atap berupa asbes karena dengan asbes suhu lingkungan akan lebih stabil dan tetap hangat walaupun saat hujan.
  • Tinggi atap miring 2,5m - 3,5/4m jangan terlalu tinggi agar ruangan tetap hangat tidak terlalu banyak angin yang masuk.
  • Selanjutnya kandang dapat diatur sesuai rancangan masing2 peternak! namun usahakan kriteria seperti yang diatas untuk memudahkan dalam beradaptasi saat pergantian musim.
Sesudah anda mempersiapkan kandang beserta box tempat hidup jangkrik, sekarang saatnya melakukan pemilihan telur jangkrik yang siap untuk ditetaskan.
Telur jangkrik biasanya juga akan menetas sesudah 10 hari. Pada hari ke 1-3, telur jangkrik relatif masih tetap memiliki ukuran begitu kecil serta susah tampak. Baru pada hari ke 4 telur jangkrik mulai tampak memiliki bentuk. Pada hari pertama hingga ke 4 baiknya diamkan telur berbaur dengan pasir supaya telur dapat selalu berkembang dengan alami. Pada hari ke 5, telur jangkrik telah berwarna putih serta pada step ini telur telah bisa disaring untuk dipindahkan atau di jual.
 
Peluang Usaha Ternak Jangkrik
Untuk itu, untuk mencari telur jangkrik berkualitas seperti ciri-ciri diatas, serahkan saja pada kami gess, karena kami merupakan supplier terbesar telur jangkrik. Bahkan kami sudah dipercaya banyak peternak jangkrik sebagai pemasok telur jangkrik yang berkualitas. Masalah packingannya gimana, tidak usah khawatir, karena prioritas utama kami barang aman sampai tujuan dan tidak akan menetas saat dijalan.
 
Kontak Pembelian Hubungi Telepon atau Whatsapp:
085656642692


Link Video:

 
Peluang Usaha Ternak Jangkrik

Peluang Usaha Ternak Jangkrik

Peluang Usaha Ternak Jangkrik

Peluang Usaha Ternak Jangkrik

Peluang Usaha Ternak Jangkrik


Pembelian melalui situs Bukalapak pada link:
Pembelian melalui situs Tokopedia pada link:
Pembelian melalui situs Shopee pada link: