Ternak jangkrik sukses Pak Mulyono hubungi 085656642692


Pak Mul ... mengapa telur jangkrik saya tidak dapat menetas dengan baik????
 Kok  bisa pak ... bapak beli telur jangkriknya dimana? Bukan disaya to pak panjenengan belinya????
Tidak pak. Saya belinya di peternak lainnya.
 Nahh... mungkin telur bapak kualitasnya kurang bagus. Nah... mulai sekarang bapak belinya di saya saja pak, biar telurnya bisa menetas maksimal.
Oke Pak.
 Ada beberapa alasan mengapa telur-telur jangkrik milik Anda gagal menetas dengan baik di antaranya adalah:

1. Mutu Indukan Jelek.

Indukan menjadi salah satu faktor telur jangkrik tidak dapat menetas dengan baik. Kondisi indukan betina dan jantan harus dalam kondisi yang sehat. Sehat-tidaknya indukan jangkrik juga dipengaruhi oleh pakan, kondisi kandang saat hidup dan kondisi kandang saat masa pembuahan (masa kawin). Bisa jadi juga indukan betina tidak dapat dibuahi sehingga menghasilkan telur infertil, atau telur yang tidak dapat menetas.

2. Kesalahan dalam Pemeraman Telur.

Penanganan telur-telur jangkrik juga dapat berpengaruh terhadap daya tetasnya. Bisa jadi dimulai dari masa pemeraman. Untuk telur-telur jangkrik yang masih berusia muda memang sebaiknya diperam terlebih dahulu sebelum memasuki masa penetasan. Hal ini bertujuan untuk mematangkan telur-telur terlebih dahulu.

3. Kesalahan dalam Penetasan Telur-Telur.

Kesalahan dalam penetasan telur biasanya ada 2 macam, yang pertama adalah karena usia telur jangkrik yang terlalu muda alias belum begitu matang untuk dipindahkan ke kandang penetasan. Yang kedua adalah karena kesalahan peternak tidak memastikan suhu dan kelembaban dalam media penetasan, yang mana biasanya bersuhu antara 27-31 derajat Celcius dengan kadar kelembaban tidak lebih dari 95%.

Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri telur yang gagal menetas dan apa yang menjadi penyebab kegagalan tersebut, diharapkan agar para peternak dapat mengantisipasi hal buruk semacam itu sedini mungkin dengan mempersiapkan proses penanganan telur dengan matang.