Cara Ternak jangkrik sukses dari pak Mulyono hubungi 085656642692

adsense 336x280
Dalam beternak jangkrik biasanya para petani jangkrik kurang memperhatikan bagaimana cara memanen jangkrik dengan baik dan benar, karena mereka terlalu tergiur dengan omset yang akan didapatkannya setelah jangkrik-jangkriknya telah tumbuh besar dan siap untuk dipanen. Selain jual telur jangkrik dengan kualitas super, saya Pak Mulyono Juragan Jangkrik sukses akan membagikan beberapa TIPS bagaimana cara memanen jangkrik biar tidak rugi. Diantaranya:

1. Waktu yang tepat untuk memanen jangkrik

Jangkrik dapat dipanen dalam 3 periode waktu. Yaitu saat jangkrik sudah dewasa, jangkrik pradewasa, dan telur jangkrik. Ketiga periode ini memiliki keuntungan sendiri – sendiri. Contohnya jika memanen jangkrik dewasa, maka keuntungannya lebih besar karena harganya lebih tinggi. Namun kerugiannya peternak harus menunggu waktu yang lebih lama agar jangkrik dewasa benar – benar siap untuk dipanen.

Kedua jangkrik pra dewasa, pada periode ini keuntungan yang didapatkan adalah waktu tunggu yang tidak terlalu lama jika dibandingkan pemanenan jangkrik dewasa. Terakhir panen periode saat masih berupa telur. Keuntungan periode ini adalah waktunya yang begitu cepat karena tidak perlu menunggu jangkrik menetas.

Untuk estimasi waktu, jangkrik dewasa baru bisa dipanen saat usianya berada di kisaran 50 sampai 60 hari. Sedangkan jangkrik pra dewasa, dapat dipanen saat usia mereka menginjak antara 40 sampai 50 hari. Ciri – ciri utama jangkrik yang sudah siap panen adalah sayapnya yang sudah mengembang dan berfungsi dengan baik.

Untuk telur jangkrik, bisa dipanen dua hari sekali sejak indukan mereka mati. Telur ini umumnya dipanen untuk dijual sebagai bibit jangkrik.

2. Langkah memanen jangkrik

Cara panen jangkrik yang salah dapat menyebabkan jangkrik stres dan sakit. Akibatnya mutu dan kualitas jangkrik menurun sehingga sulit ketika dipasarkan nantinya. Oleh karena itu berhati – hatilah ketika memanen jangkrik. 

Caranya  cukup mudah. Tangkap jangkrik dari penangkaran satu persatu. Jangan terlalu menekan jangkrik tersebut ketika menangkapnya karena hal ini dapat membuat jangkrik sakit. Setelah itu masukkan jangkrik tersebut pada wadah yang telah disediakan (sediakan bekas tempat telur dan makanan jangkrik). Usahakan meletakkan jangkrik dalam wadah sesuai ukuran jangkrik tersebut. 

Cara ini dapat digunakan untuk memanen jangkrik dewasa maupun pra dewasa.
Untuk telur jangkrik, caranya ambil pasir berisi telur kemudian letakkan di atas saringan, setelah itu siram air secara perlahan untuk menyaring pasir. Setelah hanya tersisa telurnya, tumpahkan telur tersebut pada kain putih bersih dan lalu bungkus dengan kapasitas tertentu.

3. Penangkaran sementara jangkrik sebelum dipasarkan

Jangkrik yang sudah dipanen belum tentu bisa langsung dipasarkan. Untuk itu, jangkrik harus ditangkar terlebih dahulu. Untuk jangkrik dewasa dan pra dewasa, Anda bisa meletakkannya di dalam kotak berukuran 60 x 60 cm. Sedangkan untuk telur, Anda bisa menaruhnya pada kain putih yang di atasnya sudah diberi pasir dengan kelembaban tertentu.

Oke gan . . .  sudah tahu kan sekarang bagaimana cara memanen jangkrik dengan benar dan tidak rugi. Oh Iya . . . Jangan lupa beli telur jangkrik super dari pak Mulyono Juragan Jangkrik Sukses yaaaa . . .  save nomor saya 085656642692




 

adsense 336x280