Ternak Jangkrik Sukses Banduung Pak Mulyono silahkan hubungi 085656642692

adsense 336x280



Kenapa ya ... jangkrik-jangkrik saya pada lemas semua, padahal kemarin sehat-sehat saja????
Pasti agan-agan bingung kan ??? jika jangkrik-jangkrik anda lemas atau kurang sehat seperti biasanya. Banyak faktor penyebab kegagalan pada peternak jangkrik, yaitu kurangnya pengalaman, pemeliharaan kandang yang kurang baik, pemberian pakan yang tidak tepat, pemilihan bibit jangkrik yang salah, dan lain-lain. Kematian pada jangkrik ternak bisa disebabkan banyak hal, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1) Pemberian makan yang tidak tepat

 Meskipun terbilang jangkrik bisa memakan apa saja yang berjenis sayuran. tetapi porsi pemberian yang kurang tepat bisa mempengaruhi pertumbuhannya. Misalkan pemberian makanan hanya fokus pada sayuran saja tentu itu dapat dikatakan salah. Apalagi sayur yang diberikan untuk pakan jangkrik terlalu banyak mengandung air.
Ada baiknya anda memilih dalam pemberian pakan harus seimbang antara pemberian sayuran dan voor sesuai dengan banyaknya jangkrik ternak tiap kandang. 

2) Pemeliharaan dan kebersihan kandang

Kandang atau kotak merupakan tempat perkembangan jangkri dari anakan sampai dewasa. kandang memiliki beberapa fungsi antara lain:
  • Menjaga dari serangan predator
  • Menjaga suhu udara dalam kandang
  • Mempermudah menghitung banyaknya jumlah jangkrik dalam kotak
  • Dapat menyesuaikan pemberian pakan jangkrik.
Kebersihan kandang juga harus menjadi perhatian dari peternak-peternak jangkrik. sebab tingkat kebersihan kandang dapat mempengaruhi pertumbuhan jangkrik. Bahkan jika kandang selalu kotor dapat menyebabkan jangkrik-jangkrik mati.
Untuk mengurangi banyaknya kematian pada jangkrik ternakan sebaiknya selalu memelihara kondisi kandang dari segala kotoran atau sisa-sisa makanan yang tidak habis. Makanan harus diganti setiap hari walaupun makanan yang diberikan sebelumnya belum habis, sebaiknya ganti dengan yang baru.

3) Suhu pada udara kandang yang tidak menentu

Untuk mengatasi kematian pada jangkrik kandang akibat suhu udara panas, sebaiknya ketika suhu udara sedang panas, kandang jankrik disemprot dengan air dibagian dalam kandang. Fungsinys untuk mengurangi suhu panas yang ada didalam kandang. Sedangkan jika suhu dalam kandang dingin, maka sebaiknya kandang ditutup dengan kain serta di beri lampu penghangat sekitar 5 watt agar jangkrik tidak kedinginan.

4) Terkena Penyakit

Berdasarkan pengalaman dari beberapa peternak jangkrik mengatakan bahwa jangkrik tidak memiliki penyakit khusus yang biasa menyerang kesehatan jangkrik ternakan. Bahkan sampai saat ini pun tidak ditemukan penyakit yang menyerang jangkrik. Terjadinya kematian pada jangkrik biasanya pemberian pakan yang tidak teratur, kondisi kandang yang tidak terawat, dan lain-lain. Namun bukan serangan penyakit.

5) Serangan Hama

Serangan hama bisa terjadi pada ternak jangkrik manapun. Terjadinya serangan hama biasanya diakibatkan oleh kondisi lokasi jangkrik yang tidak bersih, masih banyak tumpukan-tumpukan benda-benda yang tidak digunakan. Sehingga memancing hama atau predator masuk ke lokasi ternak jangkrik.

Selain lokasi ternak, kandang ternak juga dapat mempengaruhi masuknya predator pemakan jangkrik.  Serangan hama dapat dipastikan banyak jangkrik-jangkrik mati. untuk mengatasinya, periksalah kondisi kandangan ternak anda apakah dalam kondisi baik atau tidak. Jika tidak dalam kondisi baik, sebagainya diperbaiki.

Yang perlu diperhatikan selain kondisi kandang adalah kaki-kai kandang (tempat naiknya predator), kaki-kaki kandang harus olesi oli bekas atau  minyak tanah untuk mencegah hama naik ke atas kandang.

Jika ingin bibit/telur jangkrik silahkan hubungi Pak Mulyono Juragan Jangkrik Sukses
SEMOGA BERMANFAAT !!!



























adsense 336x280